Mitos atau Fakta Mandi Malam Bisa Terkena Penyakit Rematik?

Penyebab Penyakit Rematik


Salah satu dari faktor yang diyakini menjadi penyebab munculnya rematik yaitu adalah mandi malam. Lantas benarkah bahwa mandi malam hari itu dapat menyebabkan rematik?
Beberapa dari banyak orang meyakini bahwa apabila mandi di malam hari bisa menyebabkan terkena penyakit rematik.
Akan tetapi teman teman tidak perlu takut untuk melakukan mandi di malam hari. Sebab itu semua memang tidak ada hubungan antara penyakit rematik dengan mandi di malam hari!

Perlu teman teman ketahui juga bahwa penyakit rematik itu adalah penyakit autoimun yang dapat menyebabkan peradangan pada sendi. Hal ini ditandai dengan adanya gejala-gejala contohnya seperti terjadi bengkak di bagian sendi sendi, kemudian nyeri sendi, hingga kekakuan pada sendi.

Kondisi dari autoimun seperti penyakit rematik tersebut tidak serta merta disebabkan oleh adanya kebiasaan mandi di malam hari. Sebenarnya ada banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit autoimun, yaitu salah satunya faktor genetik.

Hanya saja, bagi teman teman yang memang memiliki rematik, mandi di malam hari dengan air dingin bisa memicu keluhan nyeri. Jadi sebaiknya teman teman gunakan air hangat untuk mandi, apabila harus mandi di malam hari.

Lantas, pertanyaanya apakah mandi malam hari itu dapat menyebabkan penyakit rematik? Hal tersebut ternyata tidak benar alias mitos belaka.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya diatas, bahwa penyakit rematik termasuk ke dalam penyakit autoimun, di mana sistem dari kekebalan pada tubuh menyerang tubuh itu sendiri.

Pada kasus rematik ini, pada bagian tubuh yang terkena yaitu persendian. Maka dari itulah, mandi di malam hari bukanlah penyebab tunggal dari munculnya penyakit rematik.

Akan tetapi, bukan berarti para penderita penyakit rematik bisa sering mandi di malam hari, ya! Karena Hal ini ada bahaya nya juga apabila mandidi  malam hari bagi penderita rematik, iru karena akan dapat memperparah keluhan nyeri pada sendi.
Loh kenapa demikian? Jadi rasa dingin yang timbul karena mandi di malam hari tentu akan membuat rasa nyeri pada sendi semakin parah.

Nah oleh karena itu, sebaiknya mandi di malam hari harus tetap dihindari terutama bagi mereka yang memang sudah memiliki penyakit rematik tersebut. 

Apabila, Teman teman tetap ingin mandi di malam hari, maka gunakanlah air hangat agar rasa nyeri pada sendi tidak kambuh.

Maka dengan demikian, larangan mandi di malam hari yang bisa menyebabkan penyakit rematik hanyalah mitos saja. Akan tetapi, buat temen temen yang penderita rematik, sebisa mungkin untuk hindari kebiasaan mandi di malam hari ya.
Ya kalaupun terpaksa harus mandi di malam hari, maka gunakan air hangat untuk menghindari kekambuhan nyeri pada sendi.


0 Comments

Posting Komentar