Mitos atau Fakta Duduk Depan Pintu Susah Dapat Jodoh, Sulit Rejeki?

Mitos Atau Fakta Duduk Depan Pintu

Benarkah Duduk di Depan Pintu Susah Mendapatkan Jodo dan Sulit Rezeki ?

Larang bagi seseorang yang duduk di depan pintu ini rupanya sudah tersebar luas dari mulut ke mulut bahkan di setiap daerah yang mempercayai nya. Saat ini, mitos tersebut masih saja berkembang di kalangan masyarakat tertentu. Itu disebabkan oleh adanya turun-temurun dari nenek moyang terdahulu. Cerita lain mengatakan bahwa bagi siapa saja yang duduk di depan pintu itu akan susah untuk mendapatkan jodoh bahakan ada juga yang mengatakan sulit untuk mendapatkan rejeki, itulah yang Larangan ini biasanya lebih ditujukan khususnya untuk para kaum wanita. Alasan adanya larangan ini dikarenakan pada jaman dahulu para wanita memiliki kebiasaan mencari kutu di rambut secara berjejer kebelakang di depan pintu. 

Lantas apakah hal ini bisa dikatakan fakta? Jawabanya tidak, karna hal tersbut hanyalah sebuah mitos yang memang sudah menjadi kebiasaan atau larangan yang dititipkan dari jaman nenek moyang dahulu, dari larangan ini tentu ada yang harus diperhatikan kenapa nenek moyang dahulu melarang kita untuk duduk di depan pintu, jika dipikir-pikir dan digali lebih dalam maka ada beberpa makna dari pribahasa seperti itu.

Dnah ternyata dan ternyata ada beberapa alasan yang memang masuk akal terhadap larangan ini. Nah, yuk langsung saja kita simak penjelasan sebagai berikut.

  1. Pertama, bagi seorang wanita dilarang untuk duduk di depan pintu, itu dikarenakan akan menghalangi jalan bagi orang yang hendak keluar atau masuk dari luar atau dalam rumah. 
  2. Kedua, duduk di depan pintu tentu dapat menyulitkan orang rumah maupun orang lain yang hendak masuk dan keluar melalui pintu tersebut.
  3. Ketiga, duduk di depan pintu akan menyebabkan seorang ibu hamil akan terkena penyakit yang ditularkan melalui udara, seperti adanya flu. Dengan posisi pintu yang terbuka akan mempermudah penularan penyakit tersebut yang disebabkan oleh virus. Padahal, kondisi kesehatan seorang ibu hamil itu akan sangat rentan terhadap penyakit. Selain itu juga, bagi seseorang yang duduk menghalangi pintu, besar kemungkinan tentu berpotensi terkena masuk angin.
  4. Keempat, dari sudut pandang agama Islam, terdapat sbda nabi Nabi Muhammad SAW yang berbunyi, "Barang siapa yang mempermudah kesulitan orang lain, maka Allah ta’ala akan mempermudah urusannya di dunia dan akhirat." (HR. Muslim). Dengan duduk menghalangi pintu, tentunya akan membuat orang lain kesulitan untuk melewati pintu tersebut. Alangkah baiknya kita tidak menyulitkan orang lain, agar urusan kita juga dipermudah oleh-Nya.
Demikian pembahasan terhdapa mitos atau fakta duduk di depan pintu susah untuk mendapatkan jodo maupun rejeki, setiap perkataan yang disampaikan oleh nenek moyang terdahulu terkadang ada benarnya juga dan ada juga yang memang harus kita pahami lebih dalam, jodoh maupun rejeki sebenarnya sudah Allah atur tinggal kitanya saja yang harus berikhtiar dan berdo'a.

0 Comments

Posting Komentar