Materi Umum Tes CPNS TWK, TIU, TKP

Tes CPNS TWK, TIU, TKP


Dalam Ujian CAT Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) atau Tes Kompetensi Dasar (TKD); dibagi menjadi 3 bagian. Berikut ini adalah 3 bagian tersebut, beserta strategi penguasaan materi dan pengerjaan soal.

a) Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
Tes ini berisi materi soal yang berkaitan dengan:
  • Pancasila
  • Bhinneka Tunggal Ika
  • UUD 1945
  • Tata Negara
  • Kebijakan Pemerintah Pusat dan Daerah
  • Sejarah Indonesia
  • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Inggris
  • Pengetehuan dan Wawasan Umum
Seperti yang sudah dijelaskan pada Bagian "Tips dan Trik", menurut pengalaman Ujian CPNS di kemenkumham kemarin, jumlah soal TWK adalah 30 soal, dengan passing grade 75. Setiap jawaban benar bernilai 5, jawaban salah 0 (tidak ada pengurangan nilai) sehingga, untuk mencapai passing grade, kalian harus menjawab benar 15 dari 30 soal.

Soal-soal TWK dimaksudkan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) pilar kebangsaan Indonesia. Empat pilar itu meliputi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Indoensia (NKRI). NKRI ini mencakup sistem Tata Negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar.

Jadi sudah terbayang kan bagaimana bentuk soalnya, berkisar seputar pancasila, kewarganegaraan, tata negara, dan tentu saja sejarah. TWK memiliki tantangan tersendiri, karena banyaknya materi yang harus dikuasai.
Dalam aplikasi ini kami menyediakan kisi kisi materi yang sering muncul dalam tes. Untuk bentuk soalnya sendiri, kalian bisa lihat nanti di tes simulasi.
Karena jawaban salah tidak mendapat pengurangan. Jawablah semua pertanyaan, sekalipun "asal nembak".
 
b) Tes Intelegensi Umum (TIU)
Tes ini berisi materi soal yang berkaitan dengan:

1) Kemampuan verbal
     - Tes Sinonim (persamaan kata)
     - Tes Antonim (lawan kata)
     - Tes Padanan hubungan kata
     - Tes Pengelompokan kata.

2) Kemampuan numerik
     - Tes aritmetik (hitungan);
     - Tes Seri angka
     - Tes Seri huruf
     - Tes Logika Angka
     - Tes Angka dalam cerita

3) Kemampuan berpikir logis dan analisis
     - Tes Logika Umum
     - Tes Analisa Pernyataan
     - Tes Kesimpulan Silogisme
     - Tes logika Cerita

Menurut pengalaman Ujian CPNS di kemenkumham kemarin, jumlah soal TIU adalah 35 soal, dengan passing grade 80. Setiap jawaban benar bernilai 5, jawaban salah 0 (tidak ada pengurangan nilai) sehingga, untuk mencapai passing grade, kalian harus menjawab benar 15 dari 30 soal.
Bentuk bentuk soal dan cara mengerjakan bisa kalian simak pada bagian materi tes tiu; apabila kalian sudah merasa mampu, silahkan mencoba menggunakan simulasi, dan lihat berapa skor yang bisa kalian peroleh.
Sama seperti TWK, pada TIU  jawaban salah tidak mendapat pengurangan. Jawablah semua pertanyaan, sekalipun "asal nembak".
 
c) Tes Karakter Pribadi (TKP)
Tes ini berisi materi soal yang berkaitan dengan:
  1. Tes Integritas diri
  2. Tes Semangat berprestasi
  3. Tes Kreatifitas dan inovasi
  4. Tes Orientasi pada pelayanan
  5. Tes Orientasi kepada orang lain
  6. Tes Kemampuan beradaptasi
  7. Tes Kemampuan mengendalikan diri
  8. Tes Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas
  9. Tes Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan
  10. Tes Kemampuan bekerja sama dalam kelompok, dan
  11. Tes Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.
Menurut pengalaman Ujian CPNS di kemenkumham kemarin, jumlah soal TKP adalah 35 soal, dengan passing grade 143. Tidak ada jawaban benar dan salah. Hanya, kelima pilihan jawaban memiliki skor bervariasi, antara 1-5. Mana pilihan jawaban yang terbaik? ya.. dalam bahasa sederhana, pilihlah jawaban yang baik-baik, yang menurut kamu adalah pilihan terbaik dari alternatif yang ada.
Pada bagian materi TKP, kalian dapat melihat contoh soal yang pernah muncul dan alternatif jawabannya; serta pilihan jawaban yang disarakan, yang memiliki skor tertinggi di antara pilihan jawaban lain.
Pada bagian simulasi, kamu dapat menguji kemampuanmu menjawab, dan di akhir tes, sistem akan menghitung perolehan skormu.
 

0 Comments

Posting Komentar