10 Masakan Olahan Daging Untuk Hari Raya Idul Fitri

Hari Raya Idul Fitri di beberapa daerah atau kota mengidentikan dengan penyembelihan hewan misalnya seperti sapi, kerbau atau bahkan kambing. Di hari tersebut, dari persediaan daging dipasaran maupun masyarakat menjadi lebih banyak dan juga menjadikan ladang rezeqi bagi penjagal hewan tersebut. Mengolah daging kambing agak lebih riskan dari daging sapi karena bau khas nya. Pasalnya, daging hasil pembelian dari pasar maupun penyembelihan di warga setempat tentunya tidak dapat langsung habis dalam sekali santap saja. Untuk menangani hal ini maka diperlukan pengaturan dalam waktu memasak maupun pilihan olahan dari daging yang sudah tepat. Olahan daging tersebut dapat dimasak dengan enak dan tidak mudah basi bisa dan juga dipilih oleh keluarga agar tidak mubazir. Dalam penggunaan teknik memasak dan juga bumbu yang sudah tepat, daging daging tersebut bisa diolah menjadi lebih nikmat dari daging biasanya karena selain dari dagingnya yang enak, dimakan bersama keluarga tentu bisa menjadi lebih enak dan berkesan. Nah kesempatan kali ini mimin akan coba bagikan macam macam olahan dari daging yang bisa sobat semua gunakan. Berikut ini adalah sebelas olahan dari daging yang dapat menjadi inspirasi serta rekomendasi dalam memasak saat Idul Fitri.


1. Semur Daging


Olahan Semur Daging


Masakan yang menjadi favorit keluarga satu ini merupakan olahan masakan memiliki cita rasa yang khas dan cara memasaknnyapun sederhana
Beragam dari olahan semur tersebut, menjadi salah satu masakan favorit masyarakat Indonesia adalah semur daging. Sekilas olahan ini mirip dengan rendang, semur daging memiliki cita rasa pada bagian kuahnya yang cenderung lebih cair. Dari bahan rempah semur daging juga tidak sepekat rendang, namun rasa manis dan juga pedasnya dijamin akan membuat sobat semua tidak bisa berhenti untuk mengunyah.
Memasak semur daging juga lebih singkat. Masakan ini dikenal sebagai menu yang mengandalkan teknis perebusan dengan api sedang hingga bumbu meresap. Tutup panci saat memasak agar daging lebih cepat matang. Daripada penasaran, yuk racik langsung resepnya berikut ini.

2. Sate


Sate Daging



Siapa dari sobat semua yang tak kenal dengan sate ? Sate ini  merupakan salah satu olahan masakan khas nusantara yang menjadi favorite. Kenikmatan dari sate daging terletak pada pemilihan dari dagingnya. Apabila memilih atau menggunakan daging muda, maka tekstur dari dagingnyapun akan terasa empuk. Tingkat kematangannyapun tentu bisa disesuaikan dengan selera masing masing. Sebagai bahan bahan pelengkapnya, sobat semua bisa untuk menambahkan bumbu kacang untuk menyantap sate buatan sobat semua atau bisa ditambahkan sambal, kemudian tambahkan irisan bawang merah dan juga irisan cabai maupun jeruk nipis agar rasanya menjadi lebih sedap.


3. Tongseng


Tongseng Daging


Tongseng ini merupakan masakan khas Indonesia yang terinspirasi dari Timur Tengah. Padazaman abad ke 19 banyak sekali orang Timur Tengah yang datang ke Indonesia untuk berdagang dan tentunya itu semua memberi pengaruh pada cara memasak dan juga dalam mengolah daging. Ciri khas dari tongseng tersebut adalah penggunaan kuah dengan ciri khas rasa kecap manis yang mendominasi. Nah dari lezatnya kecap manis tersebut sangat berperan dan cukup penting untuk menentukan cita rasa dari olahan tongseng yang lezat. Selain itu juga bumbu tongseng seperti bawang putih, bawang merah, lada, ketumbar, serai, salam, jahe, dan lengkaus kemudian ditambahkan sedikit tomat hijau dan juga kubis akan menjadi pelengkap tongseng yang enak.

4. Gulai


Olahan Gulai


Oh ya sibat semua selain dari olahan sate dan juga ongseng, ada juga olahan daging lainnya olahan yaitu gulai. Ketiga dari hidangan ini tentu sering kita jumpai di penjual atau tempat-tempat sate kambing. Bahan dari olahan gulai itu sendiri biasanya sih diambil dari bagian jeroan dan sisa dari bagian daging Lainnya. Kemudian si Air rebusan dari gulai itu bisa untuk ditumis menjadi sebuah bumbu tongseng. Gulai tersebut jelas sangat butuh air rebusan lebih banyak lagi dibanding dengan tongseng. Dengan ditambahkannya helaian daun jeruk, kemudian daun kunyit, dan juga daun salam kan menjadi lebih penting guna untuk meningkatkan aroma. Jangan lupa dengan santan ya sob, tambahkan santan guna untuk membuat kuah tersebut agar menjadi lebih kental dan asam. Penambahan rempah rempah dan bumbu lainnya seperti cabe merah atau cabe rawit, bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, kapulaga, jahe, cengkeh, kunyit, kayu manis, dan pekak guna untuk menambahkan cita rasa yang khas dari gulai sendiri. 


5. Sop Daging


SOP Daging


Olahan yang satu ini sudah tak heran lagi ditelinga, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sop tersebut tentu cukup mudahdan sangat sederhana, seperti ketika sobat ingin membuat olahan sop ayam pada umumnya. Nah sobat semua juga perlu tau bahwa bagian daging yang paling cocok dibuat untuk sop adalah daging bagian paha dan juga iga. Sebagai tambahannya sobat juga bisa untuk menambahkan bahan lainnya seperti wortel, tomat, kol, sledri, bawang goreng dan juga bawang bombay ke dalam sop tersebut yang sedang dimasak. nah selain itu juga, jangan sampai lupa untuk penambahan daun salam saat memasak sop daging karna hal ini juga sangat penting guna untuk menetralisir bau dari aroma khas daging. Kemudian setelah sop matang, sobat tinggal sajikan deh bersama keluarga kerabat untuk disantap secara bersama.


6. Rendang


Rendang Daging


Hayoo siapa diantar kalian yang gak kenal rendang? Olahan daging yang lumayan terkenal cukup awet dan juga tahan lama yaitu adalah rendang. Soal rasanya sih tidak perlu diragukan lagi. So ada dua jenis olahan dari rendang, yaituolahan rendang basah dan juga olahan dari rendang kering, sobat bisa untuk memilih salah satu dari olahan yang diinginkan atau bisa dua duanya, rendang tersebut tidak hanya memiliki cita rasa yang menggugah selera, akan tetapi olahan tersebut tidak mudah basi dan juga bisa disimpan dalam waktu yang lumayan cukup lama.

7. Abon


Abon Daging


Olahan dari daging lainnya yang bisa tahan lama dan juga tidak mudah basi adalah abon. Olahan daging yang diolah menjadi abon tersebut tentu dapat menjadi olahan alternatif pilihan sobat semua dan jika sudah bosan dengan olahan daging lainnya. Bukan hanya enak dari rasanya saja, menu masakan satu ini juga sangat memungkinkan dapat disimpan dalam jangka yang cukup lama. Olahan abon yang dibuat hingga menjadi kering bahkan bisa disimpan dalam jangka waktuyang lumayan lama tentunya di dalam suhu ruang atau juga tanpa masuk lemari Tentu hal ini sangat baik untuk mengatasi daging daging yang belum diolah.

8. Dendeng


Dendeng Daging


Selain dari rendang, olahan daging yang tak kalah enak lainnya yaitu Dendeng. Dendeng ini menjadi salah satu olahan daging yang bisa sobat simpan dalam jangka waktu lama. Dendeng juga merupakan makanan kering dan juga termasuk olahan daging yang sangat cocok untuk dibawa kemana-mana dalam waktu yang lama. Nah jika sobat semua ingin memasak olahan daging serta menyimpan dalam jangkawaktu yang lama, dendeng bisa menjadi pilihan utama dari olahan daging lainnya.

9. Nasi Goreng Daging


Nasi Goreng Daging


Menu yang satu ini juga tentunya sudah tidak asing di Indonesia. Bahkan mungkin di beberapa kota di Indonesia sudah sangat banyak dijual dari mulai pedagang kaki lima hingga ke banyak restoran-restoran yang mahal. Nasi goreng daging ini mungkin lebih ke olahan daging kambing tapi tidak menutup kemungkinan juga sobat semua bisa untuk mengolahnya dengan menggunakan daging lainnya seperti daging sapi, kerbau dan daging lainnya, nah dari kelezatan nasi goreng daging kambing tersebut memang sudah melegenda sejak dulu. Cara memasaknya pun tidak jauh berbeda dengan cara masak nasi goreng pada umumnya. Akan tetapi bedanya hanya ditambahkan daging saja yang sudah dipotong kecil-kecil agar hasil dari tekstur daging itu menjadi lebih empuk dan juga enak, bisa juga sobat menambahkan rempah-rempah lainnya guna untuk menetralisir bau dari roma daging kambing tersebut. Bagian dari daging mana pun tentu bisa sobat digunakan dalam mengolah nasi goreng kambing. 

10. Rica-Rica


Rica Rica


Dari sobat semua apakah ada yang suka makan makanan yang super pedas? Rica-rica jawabannya, rica rica ini mungkin akan menjadi sebuah hidangan menu alternatif yang wajib hadir untuk sajian menu di hari Raya Idul Fitri. Sobat juga perlu tau bahan dari rica-rica tersebut, bahannya itu biasanya menggunakan daging ayam, nah tidak ada salahnya apabila sobat semua mencoba untuk membuat olahan rica-rica tersebut dengan bahan daging lainnya seperti kambing, sapi atau kerbau. Menu dari olahan ini tentu tidak membutuhkan banyak bumbu khusus, hanya saja ada beberapa bumbu dasar contohnya seperti bawang merah, kemudian cabai merah, tomat merah dan juga jahe.

0 Comments

Posting Komentar