Jangan Takut Dulu, Ternyata Ini Manfaat Mengkonsumsi Keong Sawah


Keong sawah atau yang memiliki nama latin Pila Ampullaceal adalah jenis siput yang hidup dan berkembang biak di Air Tawar, maka sudah tak heran jika teman teman bepergian kedataran rendah seperti aliran sungai, dibawah tanaan padi atau garapan sawah petani akan banyak sekali keong sawah yang ditemui. Keong sawah ini kerap dijadikan bahan konsumsi masyarakat tertentu sebagi bahan pengganti protein hewani dari daging bahkan banyak masyarakat meyakini keong sawah tersebut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Jenis Kesong Sawah
Keong sawah ini sebenarnya memiliki dua jenis, yaitu Keong Sawah yang memiliki warna ke Hitaman dan Jenis Keong yang memiliki warna ke Kuning kuningan, masyarakat tertentu biasanya memilih jenis keong yang berwarana ke Hitaman karena jenis keong tersebutlah yang dirasa memiliki rasa yang enak, memiliki manfaat bagi kesehatan serta aman untuk dikonsumsi.

Apa Saja Manfaat Mengkonsimi Keong Sawah ?
Bagi sebagian masyarakat tertentu mungkin keong sawah itu hanya untuk dikonsumsi begitu saja, padahal keong sawah ini memiliki manfaat yang terdapat di dalamnya.
Berikut ini manfaat dari keong sawah seperti dukutif dari berbagai sumber yang ada.

1. Memiliki Kandungan Gizi Yang Tinggi
    - Mengandung Protein : 12 Persen
    - Rendah Kolesterol
    - Memiliki Kalsium 217 Gram
    - Terdapat 81 Gram Air
    - Mengandung Energi
    - Mengandung Protein
    - Mengandung Kalsium
    - Mengandung Karbohidrat dan Fosfor
   
2. Dapat Mengembangkan Kinerja Otak
Minyak ikan memang memiliki asupan omega 3 dan omega 6 sebagai nutrisi dalam otak. Namun apakah kalian tahu makanan apa lagi yang menghasilkan minyak ikan ?
Ya, Keong kawah jawabannya. Ternyata keong yang satu ini memiliki kandungan omega 6 yang sangat berperan dalam perkembangan otak, selain itu juga keong sawah ini meiliki kandungan Asam Lemak yang sangat baik untuk memliharan hormon, rambut, kuku, kulit, dapat mencegah sel yang rusak, serta dapat meringankan gejala sesak nafas.

3. Dapat Menurunkan Kolesterol Dalam Tubuh
Keong sawah ini ternyata sangat membantu sekali dalam menurunkan Kolesterol dalam tubuh, keong ini merupakan bahan alami yang mampu membasmi Kolesterol yang menumpuk dalam tubuh karena keong ini memiliki kandungan Asam Lemak yaitu omega 9 yang membantu mengurangi LDL, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, dan juga dapat meningkatkan energi dalam tubuh. 

4. Dapat Mengatasi Diabaetes Dalam Tubuh
Untuk kalian yang memiliki penyakit Diabetes disarankan untuk mengkonsumsi keosng sawah ini pada watu tertentu, inget ya pada waktu tertentu. Karena melihat dari kandungan seong ini yaitu omege 3, omega 6 dan omega 9 yang mampu meningkatkan terhadap sensitivitas insulin dalam tubuh kita.

5. Dapat Mengobati Ambeien
Dimasayarakat ternteu keong sawah ini merupakan cara ampuh untuk mengobati penyakit Ambeien, dengan cara dimasak seperti disate, disayur, atau digoreng sebagai alternatif pengobatan alami.

6. Sangat Baik Sekali Untuk Pertumbuhan dan Kepadatan Tulang
Dikutif dari laman Liputan6.com, menurut Asih Setriarini Ir Msc., merupakan dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM-UI), "Keong sawah ini tentu memiliki protein yang bagus". Karena pada masa pertumbuhan bagi seorang anak, yang mereka butuhkan yaitu protein,"

Kemudian jik dilihat dari hasil penelitian lainnya yang ditemukan di Cianjur, gizi anak-anak keluarga miskin dinilai baik, karena ternyata para balitanya sudah diberi makan keong sawah oleh orang tuanya.

7. Dapat Menjaga Kesehatan Rambut
Buat kalian yang memiliki rambut indah jangan kawatir ternyata keong sawah juga dapat menjaga kesehatan rambut, karena Keong Sawah ini memiliki kandungan omega 3 merupakan sejenis asam esensial yang memang diberikan dalam tubuh, dikarenakan tidak akan bisa memproduksi sendiri.
Omega yang terkandung tersbut tentu akan menjadi agen inti-inflamasi yang mampu mengatasi masalah pada rambut seperti memelihara folikel, dapat membantu pertumbuhan, dapat meningkatkan elastisitas dan kekuatan rambut, dapat membuat tebal, serta meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala.

8. Mengatasi Jerawat dan Menjaga Kesehatan Kulit
Keong sawah ini memiliki lendir yang sangat bermanfaat, dibeberapa Negara besar telah menggunakan lendir tersebut sebagai bahan kosmetik dan perawatan kecantikan.

Ternyata lendir kesong sawah ini mampu mengatasi jerawat yang meradang, membantu mengurangi kerutan pada kulit, serta proses regenerasi kulit. Lendir Keong Sawah tersebut memiliki sifat antiseptik serta anti radang sehingga sangat baik dalam membersihan area jerawat dari baketri. 

9. Sebagai Antiseptik Untuk Penyembuhan Luka
Mungkin kalian pernah tergores oleh benda tajam dan pada akhirnya menimbulkan luka serta darah yang keluar dari luka tersebut, perlu kalian ketahui sebagian masyarakat Indonesia secara tradisional memanfaatkan lendir dari keong sawah tersebut.

Caranya teman teman tinggal oleskan lendir keong pada luka, sifat dari lendir keong sawah yaitu sebagai antiseptik alami yang mampu membantu teman teman ketika di alam bebas.

10. Dapat Mencegah Kangker
Tentu kita tahu bahwa kanker sebagai akibat dari radikal bebas dan rusaknya sel-sel pada organ tertentu di dalam tubuh. Sehingga sehatnya tubuh harus memerlukan regenerasi sel yang normal, semakin cepat regenerasi maka semakin bagus pula bagi kesehatan.

Sehingga keberadaan berbagai vitamin dan nutrisi yang lengkap ini sangatlah baik untuk membantu regenerasi serta menjaga kekebalan dalam tubuh sebagai pencegahan penyakit kanker.

11. Dapat Memperkuat Kekebalan Dalam Tubuh
Manfaat yang terakhir dari keong sawah bagi kesehatan yaitu terdapat kandungan vitamin A, C yang sangat tinggi serta asam folat, ditambah lagi dengan berbagai nutrisi lainnya, hal ini sangatlah baik dalam menjaga sistem imun tubuh kita.

Bahayakah Mengkonsumsi Keong Sawah ?
Pada dasarnya setiap makanan tentu memiliki efek samping apabila dikonsumsi secara berlebihan, secara kita ketahui keong sawah hidup di air dan kita tidak tahu apa yang dikonsumsi keong sawah tersebut alangkah baiknya sebelum mengkonsumsi keong tersebut bersihkan terlebih dahulu agar kotoran yang menempel pada keong benar benar bersih serta dimasak dengan cara yang higenis serta padukanlah pada saat mengkonsumsi keong tersebut di seimbangkan dengan asupan sayur dan buah. Itulah beberapa paparan dan manfaat dari keong sawah bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.




0 Comments

Posting Komentar